Abang Jakarta si muppet cablak special order

Jakarta setiap tahunnya mengadakan lomba “Abang dan None Jakarta” . Peserta lomba diwajibkan memakai baju adat khas betawi, betawi adalah sebutan lain  kota Jakarta. Seperti apa tampak baju tradisional Abang Jakarta? Mari kita lihat…

Biasanya si Abang memakai celana panjang dan “jas demang” dilengkapi penutup kepala yang disebut “liskol”, “lokcan” sebagai ikat pinggang, dan memakai bros dengan rantai yang disebut “kuku macan” tiruan dari kuku macan, tidak ketinggalan “pisau raut” di pinggangnya.

“Jas demang” adalah jas laki-laki yang panjangnya sampai ke paha, biasanya berwarna hitam,  dengan kerah berdiri dan berlapis kain  putih,  juga pada lengannya  .Liskol dan lokcan dibuat dari kain batik khas daerah pinggir pantai disebut “batik pesisir” yang berwarna cerah dengan motif bunga kol…. sangat unik bukan?

Pemenang lomba akan memakai selempang dengan bordir “Abang Jakarta”

Boneka tangan ini tingginya 55cm, dengan mulut yang bisa digerakkan, baju atas bisa dilepas, tapi liskol terjahit di kepala puppet. Puppet terbuat dari kain fleece kecuali asesorisnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s